Penelitian adalah salah satu bentuk kewajiban dosen guna mendukung suatu perguruan tinggi melaksanakan Tri dharma-nya. Sedangkan proses penelitian-penilitian yang dilaksanakan umumnya membutuhkan pendanaan baik secara pribadi, internal, maupun eksternal. Pendanaan secara eksternal adalah salah satu hal yang banyak dikejar seorang peneliti guna meminimalisir pengeluaran secara pribadi. Oleh karenanya dosen dan/atau peneliti diharapkan dapat mencari bahkan mendapatkan pendanaan di tiap penelitian yang dilakukannya. Pendanaan eksternal dapat diperoleh dari dana hibah perusahaan-perusahaan, pemerintah daerah, LLDIKTI, Lembaga-lembaga penelitian, dan Lembaga-lembaga swasta lainnya.

Research week minggu ketiga mengambil temaPengalaman Meraih Pendanaan Litbang Bappeda” yang telah dilaksanakan pada Hari Jum’at Tanggal 06 Agustus 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB. Pemateri kegiatan ini adalah Iid Mufaidah, S.TP., M.P. dari program studi Agribisnis dan sekaligus menjabat sebagai Ka.Biro Akademik ITBM Banyuwangi. Sedangkan kegiatan ini dimoderatori langsung oleh Dr. Ir. Mochamad Asrofi, S.T. (Kepala LPPM ITBM Banyuwangi). Peserta kegiatan ini adalah seluruh dosen dan/atau peneliti di lingkup internal ITBM Banyuwangi.

Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan dosen dan/atau peneliti di ranah lingkungan ITBM Banyuwangi termotivasi melakukan penelitian kemudian melakukan publikasi di jurnal-jurnal bereputasi. Mengingat bahwa pentingnya dosen mengetahui hal-hal terkait pendanaan penelitian sampai dengan proses publikasi, guna mendukung perkembangan karir dosen dan kemajuan instansi.

Kontributor: Nimatur Rohmah, S.Si., M.Si.